KWT Kertasari menggelar Panen Perdana Tahun 2019

Kertasari,- Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Kertasari menggelar panen padi dan sayuran bertempat di areal Pos Penyuluh (Posluh) Pertanian Kelurahan Kertasari pada Kamis (16/05/2019).

Panen padi dan sayuran ini merupakan panen perdana tahun 2019, mereka ibu-ibu aktifis pertanian yang tergabung dalam kelompok wanita tani Kelurahan Kertasari giat mengolah, menanam dan merawat areal pertanian secara rutin.

KWT Kelurahan Kertasari ini merupakan bagian dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kertasari dibawah binaan Posluh Pertanian Kertasari menggarap areal pertanian seluas 1.259 M2 milik asset Pemerintah Kabupaten Ciamis dimana areal pertanian ini merupakan areal percontohan Posluh Pertanian.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Posluh Pertanian Kelurahan Kertasari, H. Endik Kusnadi, mereka yang tergabung dalam KWT ini sangat rajin mengolah areal pertanian mulai dari menyiapkan areal tanam, pembenihan, pengolahan, pemupukan dan pemeliharaan, hingga panen.

Ia menuturkan, padi yang dipanen ini merupakan padi jenis “Ngaos” kualitas baru berwarna putih, dengan jangka waktu tanam selama 120 hari, sedangkan untuk sayuran yaitu kangkung, pare, terong, bayam, dan kacang-kacangan, dimana hasil panen ini dijual ke Pasar, atau warga sekitar yang hasilnya dipergunakan untuk kebutuhan operasional dan sarana produksi tani (Saprotan), diantaranya pembelian bibit, pupuk, bayar listrik, biaya pemeliharaan bangunan Posluh dan lain-lain.

Areal pertanian se-Kelurahan Kertasari seluas + 85.678 M2 yang di garap oleh masyarakat petani yang tergabung dalam 8 Gapoktan yaitu, kelompok tani Bulir Sari, Desa Mukti, Bina Mukti,  Citapen, Sauyunan, Sari Mukti, Tunas Mekar dan Mukti Sari. Tambahnya.

(Humas)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *