PENTINGNYA PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MEMBANTU ODGJ

Kertasari,- Puskesmas Ciamis bekerjasama dengan Kelurahan Kertasari menggelar Sosialisasi Kesehatan Jiwa dengan melibatkan para Kader PKK Kelurahan Kertasari, pada Selasa (27/11/2018) bertempat di Aula Kelurahan Kertasari.

Sehat adalah dambaan semua orang dimana sehat merupakan keadaan yang meliputi sehat fisik, sehat jiwa dan sehat sosial. Sehat fisik yaitu memiliki badan yang sehat dan bugar, sementara sehat sosial yaitu mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Adapun sehat jiwa adalah perasaan senang dan bahagia dengan keadaan hidup sehari-hari, dapat menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri, melakukan kegiatan yang bermanfaat, serta aktif menyumbangkan tenaga pikiran dan kepedulian kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan ini Lurah Kertasari, Endang Rusyana, S.IP. dalam membuka acara sosialisasi, Ia berpesan agar para kader yang dibekali pemahaman oleh narasumber agar menjadi pelopor dan mampu menggerakan peranserta masyarakat untuk peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar khusunya dalam mengedukasi keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) agar dapat mengikuti mekenisme pengobatan secara rutin ke Rumah Sakit atau Puskesmas yang telah ditunjuk.

Hal senada disampaikan oleh petugas Puskesmas Ciamis, dr. Muhammad Ilham Sidiq, menjelaskan dalam paparanya bahwa kesehatan jiwa merupakan dambaan semua orang yang hidup dimuka bumi, namun terkadang kesehatan jiwa seseorang mengalami gangguan atau lebih di kenal dengan istilah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Ia menambahkan, gangguan jiwa merupakan kumpulan gejala dari gangguan pikiran, gangguan perasaan dan gangguan tingkah laku yang menimbulkan penderitaan dan terganggunya fungsi sehari-hari dari orang tersebut, dimana penyebabnya adalah dari faktor Biologis, Keturunan atau ketidakseimbangan zat di otak akibat cedera otak, penyakit pada otak dan penyalahgunaan narkoba ; Psikologis, Tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan ; Sosial, Adanya masalah yang tidak dapat diatasi, dukungan yang kurang dari  keluarga dan lingkungan.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini para kader mampu menggerakan peranserta masyarakat untuk peduli terhadap ODGJ dan melaporkan ke fasilitas pelayanan kesehatan setampat ; Memberi informasi kepada keluarga untuk membawa kerabatnya yang mengalami gangguan jiwa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dengan menyiapkan jamkesmas ; Memberi dukung keluarga/kerabat yang mengalami gangguan jiwa untuk kontrol dan meningkatkan minum obat secara teratur, dan jika kondisinya telah membaik, libatkan dalam kegiatan sosial di masyarakat ; Menjelaskan bahwa gangguan jiwa dapat diobati sama dengan penyakit lain seperti kencing manis, darah tinggi, dll, khusus di wilayah Puskesmas Ciamis dapat menghubungi SMS Center 081218287004 yang meliputi wilayah jangkauan Kelurahan Ciamis, Benteng, Linggasari, Maleber, Sindangrasa, Cigembor dan Kertasari.

(Humas)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *