NETRALITAS DAN PROAKTIF ASN DEMI SUKSESNYA PILKADA 2018

Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Ciamis menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Kepala Desa / Kelurahan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kecamatan Ciamis, pada Kamis (25/01/2018) bertempat di Aula Kelurahan Maleber Ciamis.

Perangkat Desa / Kelurahan dan ASN di daerah memiliki peran penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di masyarakat karena, selain pelayan masyarakat juga ujung tombak dalam memerankan regulasi pembangunan, termasuk dalam pemilihan umum, untuk itu proaktif dari Perangkat Desa / Kelurahan dan ASN sangatlah penting untuk mensukseskan pilkada serentak 2018 di Kabupaten Ciamis, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panwas Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan dalam paparan sosialisasi.

Ia menegaskan bahwa Perangkat Desa / Kelurahan dan ASN dituntut untuk netral tidak adanya indikasi keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon Kepala Daerah yang akan di pilih oleh masyarakat, karena berdampak sanksi yang berat yang salahsatunya adalah aturan  ASN melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, ditambah Surat Edaran Komisi ASN dan Surat Edaran Menpan RB tentang Pelaksanaan Netralitas bagi ASN pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018, Pemilihan Legislatif Tahun 2019, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Kapolsek Ciamis, Kompol I Gusti Made Sindu Manuabe, SH. mengajak kepada seluruh jajaran perangkat Desa/Kelurahan serta ASN agar mampu menjaga kerukunan di masyarakat dan mampu mendorong peranserta masyarakat dalam pesta demokrasi yang aman, terayomi dan berjalan sukses, untuk itu Ia menegaskan agar para aparat pemerintahan jangan ikut tampil di ruang publik bersama para calon Bupati/Wakil Bupati karena akan mendapat sanksi yang tegas dari Panwas.

Hal senada juga disampaikan oleh Wadanramil 1301/Ciamis, Kapten Infanteri Haris Diana, SE, menurutkan bahwa prajurit TNI di wilayah Kodam III Siliwangi sudah mendapatkan Buku Saku tentang pilkada hal ini sebagai bekal dalam melakukan pemantauan terhadap jalannya pesta demokrasi yang kondusif, rukun dan harmonis, dan pihaknya siap membantu pengamanan pemilu apabila ada permintaan dari pihak Kepolisian dari upaya-upaya yang dapat menghambat jalannya pemilu, termasuk mewaspadai daerah-daerah rawan ekomoni, politik dan sara.

Acara ini ditutup oleh paparan dari Camat Ciamis, Drs. H. Yayat, M.Si., pihaknya beserta jajaran perangkat Desa/Kelurahan dan ASN di wilayah Kecamatan Ciamis siap mensukseskan Pilkada 2018 dengan kondusif, serta mencegah adanya indikasi keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon yang akan di pilih oleh masyarakat.

Ia menambahkan, Perangkat Desa / Kelurahan atau ASN juga wajib menyampaikan tahapan-tahapan pemilu kepada masyarakat, sehingga dapat menggali peranserta aktif untuk menciptakan berdemokrasi yang rukun, aman dan harmonis sehingga pilihan itu adalah benar-benar hak warga masyarakat sebagai kesadaran tanpa ada paksaan.

(Humas)

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *