JUMSIH BAGIAN DARI GOTONG ROYONG

Warga RT. 02 RW 10 Lingkungan Cibitung Hilir Kelurahan Kertasari menggelar Jumat Bersih atau di kenal dengan Jumsih, pada Jumat (05/01/2018) bertempat di RT. 02 RW. 10 Lingkungan Cibitung Hilir.

Jumat Bersih adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, dimana warga melakukan aktvitas kebersihan yang bersifat gotong royong. Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan sudah menjadi tradisi.

Banyak manfaat dari kegiatan Jumat Bersih ini. Manfaatnya antara lain yaitu lingkungan menjadi bersih, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali silaturahmi dengan masyarakat. Namun pada kenyataannya, kegiatan Jumat Bersih ini tidak dapat terlaksana dengan baik. Dengan masuknya era globalisasi, minat masyarakat untuk gotong royong dalam kegiatan Jumsih ini semakin berkurang dari waktu ke waktu. Tentu saja ini sangat memprihatinkan karena melemahkan kebudayaan gotong royong di masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Ketua RT. 02 RW. 10 Lingkungan Cibitung Hilir, Aceng Mamun kembali menggelorakan Jumsih di lingkungannya karena dipandang sangat bermanfaat dan menjadi agenda rutin. 

Ia menambahkan, hasil yang diperoleh dari kegiatan Jumsih ini antara lain lingkungan sekitar rumah dan saluran air menjadi lebih bersih dan tidak timbunan sampah yang berserakan, namun yang menjadi hambatan adalah kesibukan aktivitas masyarakat tidak semua dapat mengikuti kegiatan Jumsih namun masih dapat teratasi yang di wakili oleh salah satu anggota keluarganya.

(Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *