TANAMKAN PEMAHAMAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI

Pos Penyuluh (Posluh) Pertanian Kelurahan Kertasari Mukti bekerjasama dengan Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Cikoneng menggelar Sosialisasi Kewirausahaan bagi masyarakat pada Rabu, (20/12/2017) bertempat di Aula Kelurahan Kertasari.

Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Wirausaha merupakan pelaku dari kewirausahaan, yaitu orang yang memiliki kreativitas dan inovatif sehingga mampu menggali dan menemukan peluang dan mewujudkan menjadi usaha yang menghasilkan nilai/laba. Kegiatan menemukan sampai mewujudkan peluang menjadi usaha yang menghasilkan disebut proses kewirausahaan.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua KTNA Kecamatan Cikoneng, Tatang, dalam paparannya menyatakan bahwa kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Ia menambahkan, seorang wirausaha dintuntut kreatif mampu membuat kombinasi-kombinasi, atau hubungan-hubungan baru antara unsur, data dan variabel yang sudah ada sebelumnya, untuk itu seorang wirausahaan dintutut mandiri, terbuka terhadap hal yang baru, percaya diri, berani mengambil resiko, melihat sesuai dengan tidak biasa, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dapat menerima perbedaan, objektif dalam berpikir dan bertindak.

Dalam kesempatan ini Ketua Posluh Pertanian Kertasari Mukti, H. Endik Kusnadi menuturkan bahwa tujuan dari sosialisasi kewirausahaan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman petani pada khususnya dan masyarakat Kertasari pada umumnya agar dapat  membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitarnya, menyerap tenaga kerja atau sumber daya manusia yang ada di sekitar tempat tinggal atau membuka jaringan bisnis yang memiliki prospek, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya dengan membuka lapangan pekerjaan. serta dapat menyebarkan semangat berkreasi dan berinovasi pada dunia bisnis.

(Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *