TIM PPK CIAMIS MELAKUKAN MONITORING KE PPS KERTASARI

Tim Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciamis melakukan monitoring ke sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Kertasari terhadap kesiapan penyelenggaraan Pemilu di Tingkat Kelurahan Kertasari pada Kamis (23/11/2017) bertempat Kelurahan Kertasari.

Ketua PPK Ciamis, Diaz Bahari, S.IP. M.Si. didampingi oleh jajarannya, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya ke sekretariat PPS Kelurahan Kertasari yaitu selain perkenalan dan silaturahmi juga melihat tempat kerja kesekretariatan PPS dalam melaksanakan tugasnya.

Ia menuturkan bahwa tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2017 yaitu terdiri dari tahapan persiapan dan penyelenggaraan.

Untuk tahapan persiapan, Ia menjelaskan, terdiri dari perencanaan program dan anggaran, penyusunan dan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), penyusunan dan pengesahan peraturan penyelenggaraan pemilihan, sosialisasi kepada masyarakat dan penyuluhan/bimtek KPU Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS, dilanjutkan dengan pembentukan PPK, PPS dan KPPS, pendaftaran pemantauan pemilihan, pengelolaan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), dan pemutakhiran data dan daftar pemilih.

Tahapan tersebut di atas merupakan program pencalonan yang memenuhi syarat baik pasangan calon perseorangan, dan pendaftaran pasangan calon, sengketa tata usaha negara pemilihan, masa kampanye, laporan dan audit dana kampanye, pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi hasil perhitungan suara, penetapan Paslon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilih, sengketa perselisihan hasil pemilihan, penetapan Paslon terpilih pasca putusan MK, pengusulan pengesahan pengangkatan Paslon terpilih, dan evaluasi pelaporan tahapan.

Dalam kesempatan ini Sekretaris PPS Kelurahan Kertasari, Suhendi SH, mengapresiasi kunjungan monitoring PPK Ciamis terkait kesiapan kerja PPS dalam melaksanakan tugasnya, pihaknya telah memfasilitasi ruangan khusus untuk PPS dalam melaksanakan tugasnya.

Terkait dengan tahapan pemilu, Ia berharap tim kesekretariatan beserta PPS Kelurahan Kertasari dapat bekerja dengan maksimal, serta mampu menjalin sinergitas dengan berbagai pihak terkait, dalam rangka terlaksananya kelancaran dan keamanan pemiliu di masing-masing KPPS.
(Humas)

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *