PENTINGNYA REVIEW DATA BASELINE UNTUK PENANGANAN LINGKUNGAN KUMUH

Tim Kota Tanpa Kumuh (KoTaKu) bekerjasama dengan Kelurahan Kertasari dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Paguyuban Warga Kelurahan (PWK) Kertasari Bina Mitra Mandiri menggelar sosialisasi dan pendataan review baseline, pada Selasa (14/11/2017) bertempat di Aula Kelurahan Kertasari.

Tim KoTaKu yang terdiri dari Koordinator, Asisten, dan Fasilitator Kota/Kabupaten melakukan review data baseline tahun 2017 kepada warga kelurahan Kertasari by name by address yang merupakan pembaharuan dari data dasar tahun 2016, sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 02/PRT/M/2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

Sebagaimana disampaikan oleh Fasilitator Sosial KoTaKu Sifa Laila, bahwa indikator/parameter review baseline memiliki 7 Aspek 19 Kriteria yang merupakan investasi program terdiri dari :
1. Aspek Kondisi bangunan gedung, dengan kriteria ; a) Ketidakteraturan bangunan, b) Tingkat kepadatan bangunan, dan c) Ketidaksesuaian dengan persyaratan teknis bangunan.
2. Aspek Kondisi jalan lingkungan, dengan kriteria ; a) Cakupan pelayananan jalan lingkungan, dan b) Kualitas permukaan jalan lingkungan,
3. Aspek Kondisi penyediaan air minum, dengan kriteria ; a) Ketersediaan akses aman air minum, dan b) Tidak terpenuhinya kebutuhan air minum
4. Aspek Kondisi drainase lingkungan, dengan kriteria ; a) Ketidakmampuan mengalirkan limpasan air, b) Ketidaktersediaan drainase, c) Ketidakterhubungan dengan sistem drainase perkotaan, dan d) Tidak terpeliharanya draniase,
5. Aspek Kondisi pengelolaan air limbah, dengan kriteria ; a) Sistem pengelolaan air limbah tidak sesuai standar teknis, dan b) Prasarana dan sarana pengelolaan air limbah tidak sesuai dengan persyaratan teknis.
6. Aspek Kondisi pengelolaan persampahan, dengan kriteria ; a) Prasarana dan sarana persampahan tidak sesuai dengan persyaratan teknis, b) Sistem pengelolaan persampahan yang tidak sesuai standar teknis, dan c) Tidak terpeliharanya sarana dan prasarana pengelolaan persampahan
7. Aspek Kondisi proteksi kebakaran, dengan kriteria ; a) Ketidaktersediaan prasarana proteksi kebakaran, dan b) Ketidaktersediaan sarana proteksi kebakaran.

Ia menambahkan, sasaran dari review basline data ini dengan sasaran tiap rumah warga yang ada di Kelurahan Kertasari by name by address sekaligus memetakan wilayah perbatasan antar RT/RW guna memudahkan monitoring dan evaluasi lebih lanjut.

Hal senada disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Kertasari, Suhendi, SH, melalui review data baseline yang dilaksanakan oleh Tim KoTaKu ini diharapkan dapat terciptanya lingkungan masyarakat yang bersih, indah, tertib dan tertata yang tentunya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat karena lingkungannya tidak kumuh.

Ia nenambahkan, para RT / RW di lingkungan masing-masing dapat mendorong warganya untuk memberikan informasi sebaik mungkin kepada petugas guna kelancaran investasi program dimaksud.
(Humas)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *