TIM POSLUH MULAI MENGGARAP SAWAH DI MUSIM PENGHUJAN

Memasuki musim penghujan di bulan Oktober 2017, Tim Pos Penyuluh (Posluh) Pertanian Kelurahan Kertasari mulai menanam sayuran jenis kacang-kacangan, pada Rabu (18/10/2017) bertempat di Areal Sawah Kelurahan Kertasari.

Areal sawah seluas + 1.400 M2 siap digarap oleh Tim Posluh Kelurahan Kertasari, dimana areal ini merupakan tempat percontohan bagi para petani di Kelurahan Kertasari dengan berbagai jenis tanaman unggulan, diantaranya Jagung Manis, Kacang Buncis, dan Padi.

Dalam kesempatan ini Ketua Tim Posluh Kelurahan Kertasari, H. Endik Kusnadi menuturkan bahwa fungsi Posluh Pertanian adalah sebagai pusat informasi dan mediasi yang berkaitan dengan teknik pertanian kepada masyarakat petani, serta informasi lainnya seperti program kartu tani yang baru-baru ini sedang digelorakan oleh Pemerintah Pusat.

Ia menambahkan, ada hal yang lebih penting bagi Posluh Pertanian adanya Bangunan tempat pertemuan berbagi informasi dengan para petani yang selama ini Bangunan yang sudah ada dialihfungsikan menjadi Gedung KONI Kabupaten Ciamis dan sampai saat ini belum ada penggantinya, harapannya agar Pemerintah Daerah segera membangun kembali Gedung Posluh dimaksud.

Selanjutnya Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kelurahan Kertasari, Djadjang Supriatna, menuturkan bahwa pertanian akan berfungsi dengan baik jika dialiri sistem pengairan yang maksimal, namun kondisi saat ini ada beberapa titik saluran yang tidak berfungsi, yang salah satunya adalah Saluran Air Cimanila mulai dari Gedung Golkar hingga Teras Motor + 600 M. tersumbat sampah dan mengalami pendangkalan.

Pihaknya telah berupaya kerja bakti dengan warga petani, namun belum maksimal karena menggunakan alat seadanya, untuk itu Ia berharap adanya sentuhan teknis dari Pemerintah Derah melalui Dinas Terkait agar melakukan normalisasi saluran air yang sangat bermanfaat untuk sistem pertanian di wilayah Kelurahan Kertasari dan sekiratnya.

(Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *