QORIAH DEWASA PUTRI KERTASARI JUARA I QIRAAH SAB’AH

Kelurahan Kertasari mengirimkan 12 peserta yang terbagi ke dalam 5 cabang yaitu Tilawah Anak Putri, Tilawah Remaja Putera dan Puteri, Tahfidz & Tilawah 1 Juz Putera dan Puteri, Murotal Puteri, dan MSQ Puteri, pada gelaran lomba MTQ Tingkat Kecamatan Ciamis, pada Sabtu–Minggu (14-15/10/2017) bertempat di Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis.

Dari 12 peserta, ada satu nomor Qiraah Sab’ah yang diraih Ai Ihah Nasihah (35) Kategori Dewasa Puteri yang beralamat di RT. 02 RW. 01 Lingkungan Citapen Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun, Qiro’at Sab’ah atau Qiro’at Tujuh adalah macam cara membaca al-qur’an yang berbeda. disebut qiro’at tujuh karena ada tujuh imam qiro’at yang terkenal masyhur yang masing-masing memiliki langgam bacaan tersendiri. tiap imam qiro’at memiliki dua orang murid yang bertindak sebagai perawi. tiap perawi tersebut juga memiliki perbedaan dalam cara membaca qur’an. sehingga ada empat belas cara membaca al-qur’an yang masyhur.

Adapun Kitab Sab’ah disusun Ibnu Mujahid al-Baghdadi, dilahirkan di sebuah daerah yang bernama Suq al-‘Athasy tepatnya di kota Baghdad pada tahun 245 H. Beliau wafat pada hari Rabu tanggal 20 Sya’ban tahun 324 H seusai melaksanakan shalat dhuhur. Ia mengumpulkan tujuh jenis qiraat yang mempunyai sanad bersambung kepada sahabat Rasulullah SAW terkemuka, Mereka adalah :

  1. Abdullah bin Katsir al-Dariy dari Makkah
  2. Nafi’ bin Abd al-Rahman ibn Abu Nu’aim dari Madinah
  3. Abdullah al-Yashibiyn atau Abu Amir al-Dimasyqi dari Syam
  4. Zabban ibn al-Ala bin Ammar atau Abu Amr dari Bashrah
  5. Ibnu Ishaq al-Hadrami atau Ya’qub dari Bashrah
  6. Ibnu Habib al-Zayyat atau Hamzah dari Kufah
  7. Ibnu Abi al-Najud al-Asadly atau Ashim dari Kufah.

Seiring perkembangan jaman seni baca Al-Quran ini menjadi salah satu kategori yang sering dilombakan.

Dalam kesempatan ini Lurah Kertasari, Endang Rusyana, S.IP. yang didampingi oleh Ketua RW. 01 Lingkungan Citapen Sopian, memberikan uang kadeudeuh sebesar Rp. 500.000 kepada Ai Ihah Nasihah sebagai motivasi telah mewakili Kelurahan Kertasari di Tingkat Kecamatan, yang nantinya akan mewakili Kecamatan Ciamis di Tingkat Kabupaten.

Selain kepada pemenang lomba, Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta atas atensinya ikut serta dalam lomba MTQ, Insha Allah kedepan masih ada kesempatan untuk mengikutinya lagi, dan tidak menutup kemungkinan dapat meraih sukses yang gemilang di berbagai even.

(Humas)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *