TINGKATKAN KAPASITAS PETANI MELALUI KARTU TANI TERINTEGRASI

Balai Penyuluh Pertanian (BPP), bekerjasama dengan Kelurahan Kertasari, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan Pos Penyuluh (Posluh) Pertanian menggelar sosialisasi Kartu Tani kepada para Kelompok Tani di wilayah Kelurahan Kertasari, pada Selasa (17/10/2017) bertempat di Aula Kelurahan Kertasari.

Kartu tani merupakan Kartunya para petani Indonesia yang multifungsi, mulai jatah mendapatkan pupuk subsidi, berbagai transaksi, sampai pada penyaluran bantuan pemerintah dan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam kesempatan ini Petugas BPP Kelurahan Kertasari, Topan Taufiq, SP. menuturkan bahwa Kelurahan Kertasari memiliki + 600 petani, yang tergabung dalam 8 Kelompok Tani yang tersebar di tiap lingkungan diantaranya, Kelompok Tani Muktisari, Sarimukti, Citapen, Sauyunan, Bulirsari, Binamukti, Desamukti dan Tunas Mekar, akan tetapi yang sudah mengisi Aplikasi Kartu Tani baru baru 209 orang, sisanya tahap berikutnya.

Ia menambahkan, sosialisasi ini merupakan tahap awal bagi para petani di lingkungan Kelurahan Kertasari yang memiliki banyak manfaat kedepan diantaranya ; Petani mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, mendapat kepastian ketersediaan Sarana Produksi Tani (Saprotan), Kemudahan menjual hasil panen (Bulog, PTPN dll tanpa perantara), Sebagai alat transaksi (transfer, pembelian, pembayaran dll), Kartu Identitas Petani, serta kemudahan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selanjutnya, Ketua Posluh Pertanian Kelurahan Kertasari, H. Endik Kusnadi, menuturkan Kartu Tani  bersifat wajib karena selain untuk pendataan jumlah petani dan pupuk Subsidi juga mengantisifasi “Penyalahgunaan” pupuk bersubsidi kepada pihak yang tidak berhak untuk menerimanya. Dengan menggunakan Kartu Tani, para petani mendapat kepastian ketersediaan pupuk di kios-kios yang telah ditunjuk untuk penyaluran pupuk bersubsidi di daerah masing-masing.

(Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *